• Kodim 1502/Masohi


Babinsa Amahai Bantu Perbaiki Rumah Adat Peirisa

Posted by: | Posted on: February 3, 2018

Salah satu bentuk pengabdian seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) adalah membantu masyarakat. Hal tersebut wajib diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah Serda Nurdin Saramat seorang Babinsa Komando Rayon Militer (Koramil) 1502-02/Amahai yang turut membantu dalam pemasangan atap rumah adat Peirisa di Dusun Rohua, Desa Sepa, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (03/2).
Apa yang dilakukan oleh Serda Nurdin Saramat merupakan aplikasi dari salah satu butir 8 Wajib TNI, yaitu Menjadi Contoh Dan Mempelopori Usaha-Usaha Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Sekelilingnya. Butir tersebutlah yang menjadi pedoman Serda Nurdin sebagai seorang Prajurit TNI dalam membantu masyarakat yang sedang bergotong royong memperbaiki atap rumah adat tersebut.
Rumah adat peirisa merupakan salah satu dari lima rumah adat yang ada di Dusun Rohua yang masing-masing rumah adat tersebut memiliki fungsi dan makna yang berbeda sesuai dengan pemahaman yang diterima dari para leluhur mereka. Sampai saat sekarang rumah adat tersebut masih dipertahankan, salah satunya adalah rumah adat yang tengah diperbaiki oleh warga. “Rumah adat inikan sudah tua jadi mereka perlu untuk memperbaikinya dengan cara diganti atap gaba-gaba, karena Dusun ini adalah salah satu wilayah binaan saya jadi sudah sepatutnya saya sebagai Babinsa membantu mereka,” Ujar Serda Nurdin Saramat.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *